KH Arwanie Faisha: “NgemisPadahal Mampu Itu Hina!”

Ilustrasi gambar:okezone

OkeZone-Wakil Ketua Lembaga Bahtsul Masail PBNU, KH Arwanie Faishal, menyebut, orang yang masih mampu bekerja namun mendayagunakan belas kasihan untuk keuntungan pribadinya merupakan cara yang hina.

“Kalau ada pengemis dia mampu sebenarnya bukan miskin, tindakan ngemisnya itu dalam istilah agama hina, tindakan hina, dia mampu tapi minta-minta itu tindakan hina. Artinya, perbuatan sangat tidak bagus bagi mereka,” kata Arwanie dihubungi Okezone, Kamis (28/11/2013).

“Cara seperti itu menghinakan diri,” tegasnya.
Dia menambahkan, mental orang seperti ini, sudah pasti kekurangan pendidikan agama. Sebab, yang memiliki pendidikan agama barang tentu tidak akan melakukan hal tersebut.

“Kurangnya pendidikan agama sudah pasti, orang yang dibekali agama, meski cuma sedikit tahu, meminta-meminta bagi orang yang mampu bekerja itu menghinakan diri,” tegasnya.

Dia juga mendesak pemerintah terkait supaya mampu memberikan pembinaan dan penertiban secara tegas. Serta, mampu merubah watak psikologis

“Pemerintah mungkin harus tegas untuk menertibkan ini, kalau dia (pengemis) ini mampu dan dia minta tidak selayaknya. Secara psikologi perlu diamati diawasi,” paparnya.

Yang tidak kalah penting, sambungnya, bukan tidak mungkin para pengemis ini memiliki kordinator. Hal itu dilihat dari kejanggalan-kejangalan yang ada, seperti misalnya bila setelah dibina, para pengemis itu kembali lagi ke tempat asalnya mengemis.

“Kalau dibina balik lagi ini ada kejanggalan, perlu ditelusuri kecurigaan adanya kordinator pengemis, itu yang harus diusut,” katanya.

“Misalnya, kan banyak anak kecil yang tidak layak kerja terus disuruh ngemis, dan ini bisa jadi dipekerjakan kan, kan jadi perdagangan manusia. Kalau melanggar hukum ditindak mustinya, karena itu perlu dicari tahu juga kordinatornya,” tegas dia.
Untuk diketahui, seorang pengemis bisa meraup rupiah hingga puluhan juta dari hasil mengemis di Jakarta. Seperti Walang (50), yang mendapatkan Rp25 juta dari hasil mengemis selama 15 hari di wilayah Jakarta.

Blog Ini Memakai Google Chrome Browser,Download Now !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s