Bencana Besar,Ulama Wafat


latest sites

Baru-baru ini kita di kejutkan dengan berita meninggalnya pemimpin Ummat,Habib Mundzir al Musawwa (41 tahun). Allah memanggil beliau di usia yang terbilang masih muda,apa sebenarnya yang menjadi takdirnya ?

Dalam kitab Tanqihul Qaul, al-Imam al-Hafidz Jalaluddin bin Abdurrahman bin Abubakar as-Suyuthi menuliskan dalam kitabnya sebuah hadits bahwa Rasulullah Saw. bersabda:
“Meninggalnya ulama adalah musibah yang tak tergantikan, dan sebuah kebocoran yang tak bisa ditambal. Wafatnya ulama laksana bintang yang padam. Meninggalnya satu suku lebih mudah bagi saya daripada meninggalnya satu orang ulama.” (HR. ath-Thobroni)

Ilmu Hilang Sebab Wafatnya Ulama

Hadirnya Ulama ditengah tengah kita merupakan nikmat yang besar,berbagai pelajaran dan hikmah bisa kita petik. Keteladanan dari pewaris Nabi ini bisa kita ikuti. Namun sebalikya,ketika seorang ‘Alim wafat hilanglah semua kenikmatan tersebut.

Rasulullah saw bersabda : “Ambillah (pelajarilah) ilmu sebelum ilmu pergi.” Sahabat bertanya: “Wahai Nabiyullah, bagaimana mungkin ilmu bisa pergi (hilang)?” Rasulullah Saw. menjawab: “Perginya ilmu adalah dengan perginya (wafatnya) orang-orang yang membawa ilmu (ulama)”.

Meninggalnya ulama juga mempunyai dampak tidak kecil bagi suatu negara, diantaranya adalah munculnya pemimpin baru yang tidak mengerti tentang agama sehinga bisa menyesatkan umat. Rasulullah juga bersabda ‎:
إن الله لا يقبض العلم انتزاعا ينتزعه من الناس ، ولكن يقبض العلم بقبض العلماء حتى إذا لم يترك عالما اتخذ الناس رءوسا جهالا فسئلوا فأفتوا بغير علم فضلوا وأضلوا
“Sesungguhnya Allah tidak mencabut ilmu dari hambaNya, tetapi mencabut ilmu dengan mencabut para ulama. Sehingga ketika Allah tidak menyisakan satu ulama, maka manusia mengangkat pemimpin-pemimpin bodoh, mereka ditanya kemudian memberi fatwa tanpa ilmu, maka mereka sesat dan menyesatkan.” (HR. Bukhari no. 100).

Walau kyai atau ulama banyak yang telah meninggalkan kita, dan wafatnya mereka adalah sebuah bencana dalam agama, maka harapan kita adalah lahirnya kembali figur pemimimpin ummat yang mampu mengayomi dan yang meneruskan perjuangan beliau-beliau. Aamin…
Mau dapat Pulsa Gratis?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s