10 Pedoman Hidup Filsafat Jawa

Mau dapat Pulsa Gratis?

Artikel Sambungan Sebelumnya…

4.Ngluruk Tanpo Bolo, Menang Tanpo Ngasorake, Sekti Tanpo Aji-Aji, Sugih Tanpa Bondho

Berjuang tanpa perlu membawa massa. Menang tanpa merendahkan atau mempermalukan. Berwibawa tanpa mengandalkan kekuasaan, kekuatan,kekayaan atau keturunan. Kaya tanpa didasari kebendaan.

*Ngluruk Tanpo Bolo

Ungkapan ini memiliki arti bahwa manusia haruslah menjadi seseorang yang berani bertanggung jawab, berani untuk beraksi walaupun terkadang tinggal sendirian. Sikap ini adalah mencontoh sikap kesatria, yang mana bukanlah orang yang mudah untuk terhasut, ikut-ikutan, tetapi lebih cenderung kepada orang yang berani maju, berani meghadapi masalah, berani untuk bertanggung jawab, walaupun yang lainnya mundur / lari dari masalah tersebut. Secara sedehana adalah Manusia yang bukan Pengecut.

*Menang Tanpo Ngasorake

Maksudnya adalah,bahwa tujuan pencapaian,kemenangan dan keberhasilan yang diinginkan, hendaknya tanpa merendahkan dan melecehkan orang lain. Sederhanya ialah,mampu mengajak musyawarah untuk mencapai kesepakatan kedua belah pihak tanpa ada yang dirugikan.

*Sekti Tanpo Aji-Aji

Kata Sekti /sakti pada umumnya diartikan digdaya,kuat fisik dan pilih tanding. Tapi Ungkapan di atas, lebih kepada pengendalian diri atas nafsu. Juga karakter yang tercipta sebab citra dan wibawa seseorang, perkataannya membuat banyak di dengar dan di hormati. Sehingga apa yang diucapkannya, orang lain senantiasa mau mengikutinya.

*Sugih Tanpo Bondho

Sugih/Kaya yang dimaksud sebenarnya adalah merasa cukup walau hidup dengan segala kekurangan. Tujuan hidup yang berpedoman falsafah diatas bukanlah pengumpulan harta benda dan uang selama hidup. Dalam Islam juga dianjurkan agar seseorang merasa cukup.

Update Dayli | Free MP3

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s