10 pedoman hidup orang jawa (3)

Mau dapat Pulsa Gratis?

Artikel Sebelumnya…

3.Sura Dira Jaya Jayaningrat, Lebur Dening Pangastuti

Segala sifat keras hati,licik, angkara murka, hanya bisa dikalahkan dengan sikap bijak, lembut hati dan sabar.

Ada satu riwayat,seorang suku Baduwi datang menghadap Nabi s.a.w. dengan tujuan ingin meminta sesuatu pada Beliau. Nabi s.a.w. memberinya, lalu bersabda, “Aku berbuat baik kepada mu.” si Baduwi itu berkata, “pemberianmu tidak baik padamu.” Para sahabat merasa tersinggung dan marah, namun Nabi saw memberi isyarat agar mereka bersabar.

Lalu Nabi s.a.w. pulang ke rumah, kembali dengan membawa barang tambahan untuk diberikan kepada si Baduwi tersebut. Nabi saw bersabda pada si Baduwi itu, “Aku sudah (termasuk)berbuat baik pada mu ?” si Baduwi berkata, “Ya, semoga Allah membalas kebaikan tuan, keluarga dan kerabat.”

Keesokan harinya, Rasulullah s.a.w.bersabda kepada para sahabatnya, “Nah,ketika kalian mendengar si Baduwi itu berkata sekasar kemarin, kemudian kalian tidak bersabar dan membunuhnya, maka ia pasti masuk neraka. Namun, karena saya membimbing dengan baik, maka ia selamat.”

Beberapa hari kemudian setelah itu, si Baduwi bersedia untuk di beri perintah untuk melaksanakan tugas penting yang berat sekalipun. Dia juga turut dalam medan perang dan melaksanakan tugasnya dengan taat dan rela.

Dari contoh diatas,nyatalah bahwa falsafah jawa ini tidaklah jauh beda dengan apa yang diajarkan
Rasulullah s.a.w. Beliau tidak lekas marah menghadapi kekasaran seorang Baduwi yang memang demikianlah karakternya. Baginda Nabi saw tetap sabar menghadapinya dan memberikan sikap yang ramah dan lemah lembut. Pada saat itulah, Nabi Muhammad s.a.w. ingin menunjukkan pada kita bahwa kesabaran dan lapang dada lebih tinggi nilainya dari pada harta benda yang tertimbun.

Adakala, Rasulullah s.a.w. juga marah. Namun, marahnya tidak melampaui batas kemuliaan. Itu pun Beliau lakukan bukan kerana masaalah peribadi melainkan sebab kehormatan agama Allah swt.

Update Dayli | Free MP3

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s