Benda Langka Diduga Fosil Binatang Ditemukan di Sleman

Oke zone.com-Tim dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Yogyakarta meneliti benda yang diduga fosil binatang di rumah Subur. Pria ini menemukan bendalangka tersebut saat bekerja di sekitar Kali Opak.
Kepala Seksi Perlindungan, Pengembangan, dan Pemanfaatan, BPCB Yogyakarta, Wahyu Astuti, mengatakan, pihaknya sudah mengirimkan satu tim yang terdiri dari tiga orang untuk dilakukan penelitian dan analisis lebih lanjut.
Salah satu dari tim yang datang yaitu seorang arkeolog (ahli cagar budaya). Benda tersebut akan terus diteliti dengan berkoordinasi dengan tim dari Sangiran, yaitu museum purbakala yang berada di Kalijimbe, Sragen, Jawa Tengah, dimana ditemukannya fosil purbakala yang merupakan situs dunia.
“Benda itu sekarang sudah berada di ruang perlindungan, kantor kami,” ujarnya.
Hasilnya nanti akan digunakan acuan, kalau itu sudah dipastikan cagar budaya, baru akan dilakukaneskafasi (penggalian) lingkup kecil atau teststit. Kriteria penilaian benda itu termasuk cagar budaya atau bukan, nantinya dilihat dari jenis fosil apa, bagian, dan berapa usianya.
“Kalau itu memang fosil, justru bernilai lebih dibandingkan yang ditemukan di Sangiran, sebab daerah itu (Kali Opak) selama ini jarang ada temuan,” ujarnya.
Sebagaimana yang diketahui, benda mirip fosil ditemukan oleh Subur (45), warga Hunian Tetap (Huntap) Pagerjurang, Rt 1/1, Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, pada Jumat, 3 Mei.
Benda itu ditemukan di jurang Kali Opak yang merupakan sungai berhulu Merapi saat dirinya sedang menebang bambu. “Kalau dihitung jaraknya,sekira 12 kilometer dari puncak,” kata Subur terpisah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s