Makam Putri Firaun Ditemukan di Kairo

Arkeolog dari Rep. Ceska telah menggali sebuah makam berusian 4.500 tahun di bagian selatan Kairo. Makam tersebut merupakan tempat peristirahatan terakhir putri Firaun.
Dilansir dariSci-Tech Today, Kamis (8/11/2012), kepala departemen Egyptian and Greco-Roman Antiquities di Antiquities Ministry, Mohammed El-Bialy mengatakan bahwa makam putri Shert Nebti dikelilingi empat makam lain milik pejabat tinggi dari dinasti ke-lima, di masa 2.500 sebelum masehi.
Di ruang depan menuju makam putri Firaun itu terdapat lima pilar batu kapur dan pahatan hieroglyph. Penggalian yang dilakukan sekarang juga telah mengungkap keberadaan ruang depan berisi sarkofagus (peti kubur) empat orang pejabat dan patung-patung pria, wanita serta anak-anak.
Di makam tersebut juga ditemukan tulisan yang menunjukkan bahwa sang putri adalah keturunan raja Men Salbo. El-Bialy berpendapat penemuan tersebut masih pada tahapan awal dan situs purbakala yang berada di komplek Abu Sir itu ditutup untuk umum.
“Dia adalah putri raja, tapi hanya dia saja yang makamnya ditemukan di sana dan dikelilingi empat pejabat. Pertanyaannya adalah akankah kami menemukan makam lain di dekatnya dalam waktu dekat ini?” ujar El-Bialy.
“Kami belum mengetahui apa-apa mengenai ayahnya yang seorang raja atau ibunya, tapi kami berharap penemuan berikutnya akan memperjelas hal ini,” imbuhnya.

( Sumber )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s