Ilmuwan Ungkap Misteri Kematian Mumi Berusia 5300 Tahun

Para ilmuwan mengatakan mumi tertua di Eropa bernama Otzi Iceman diduga menderita cedera pada kepalanya sebelum ia meninggal pada 5.300 tahun yang lalu. Selama ini misteri kematian Otzi yang masih teka-teki membuatnya menjadi salah satu spesimen purba yang diminati oleh para ilmuwan dunia.

Manusia purba ini ditemukan oleh pejalan kaki di pegunungan Alpen pada 1991 lalu. Uniknya, meski dalam keadaan membeku, namun tubuh Otzi masih awet dan terawat. Seakan tidak mau menyia-nyiakan kesempatan emas ini, para ilmuwan dari seluruh dunia pun merekonstruksi wajah, makanan terakhir yang dikonsumsi Otzi, pakaian dan genomnya.

Namun, para ilmuwan hingga kini masih berspekulasi mengenai penyebab kematiannya. Beberapa di antaranya ada yang menduga Otzi menghembuskan nafas terakhir karena menderita penyakit jantung, nyeri sendi, gigi membusuk dan terjangkit penyakit Lyme. Demikian dikutipPrehistoricArchaeology, Rabu (12/6/2013).
Akan tetapi, mereka menemukan sebuah luka yang dianggap dapat menjadi petunjuk baru perihal penyebab kematian Otzi. Hasil CAT Scan menunjukanadanya bintik-bintik gelap di bagian otak besar mumi yang menunjukkan bahwa Otzi menderita pukulan di kepalanya sebelum meninggal. Pukulan itu tepat mengenai bagian belakang tengkoraknya.

( Sumber )

Daftar Pulsa Cyber Gratis

Update Dayli | Free MP3

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s